THE HEALTH BENEFITS OF TEA

Teh adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi setelah air putih. Teh juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Tapi sebelumnya, pastikan ‘teh’ yang kamu minum adalah teh yang diseduh, bukan minuman teh kemasan yang mengandung pengawet, pewarna dan pemanis buatan dengan kadar yang tinggi. Terdapat empat macam teh yang bisa kita konsumsi: teh hijau, hitam, putih, dan oolong.

  1. Teh mengandung antioksidan dan mencegah kanker

    Antioksidan dalam teh melindungi tubuh kita dari efek polusi dan dampak buruk penuaan. Polyphenol yang terkandung dalam teh memiliki efek melawan sel kanker tertentu.

  2. Teh dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke

    Makanan yang berkolesterol tinggi menyebabkan serangan jantung dan stroke. Meminum teh dapat membantu pembuluh darah terhindar dari penyumbatan dan mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi. Penelitian di Belanda menemukan penurunan risiko serangan jantung sebesar 70% pada orang yang meminum dua sampai tiga gelas teh tiap harinya.

  3. Teh meningkatkan sistem kekebalan tubuh

    Meminum teh dapat membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi. Penelitian yang membandingkan antara sukarelawan yang meminum teh dan kopi setiap hari sel

    ama empat minggu menemukan bahwa sistem kekebalan lebih aktif pada darah peminum teh. Teh juga dapat meningkatkan daya tahan saat berolahraga.

  4. Teh dapat memperkuat tulang dan memutihkan gigi

    Sebuah penelitian yang membandingkan peminum teh dan bukan peminum teh, menemukan bahwa orang yang meminum teh memiliki tulang yang lebih kuat sehingga mengurangi risiko terkena osteoporosis. Banyak orang mengira bahwa meminum teh memiliki dampak buruk pada gigi, sebenarnya gula yang dikonsumsi bersamaan dengan teh itulah yang menyebabkan hal tersebut. Teh sendiri mengandung fluoride dan tannins yang mencegah plaque pada gigi.

  5. Teh dapat menurunkan berat badan secara alami

    Kandungan Polyphenol dan kafein dalam teh meningkatkan kerja tubuh dan oksidasi lemak, sehingga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat. Teh hijau terbukti dapat meningkatkan metabolisme sehingga tubuh dapat membakar 70 sampai 80 kalori lebih banyak tiap harinya dengan meminum lima gelas teh hijau tiap hari. Selama setahun kamu bisa menurunkan berat sampai 4 kg hanya dengan meminum teh hijau.

  6. Teh meningkatkan mood dan daya pikir

    Meminum teh dapat meningkatkan daya fokus dan perhatian saat melakukan suatu tugas. Dalam sebuah penelitian, orang yang meminum dua gelas teh dalam waktu 90 menit dapat mengerjakan tugas dengan lebih akurat dan waspada. Selain itu, meminum teh dapat menurunkan resiko penyakit Parkinson dan Alzeimer. Penelitian yang menggunakan teh hitam menemukan bahwa teh dapat mengurangi hormon yang mengakibatkan stress sehingga mood kita dapat terjaga lebih baik.

  7. Teh menyehatkan mata dan kulit

    Mata, seperti bagian tubuh yang lain, dapat mengalami stress yang m

    eningkatkan risiko terkena penyakit. Komponen dalam teh hijau memiliki efek positif pada jaringan retina mata. Teh putih yang memiliki kandungan polyphenol yang tinggi dapat menghambat terbentuknya kerutan kulit dengan memperkuat elastin dan kolagen yang juga memperkuat sendi-sendi pada tulang.

    Now we agree that tea is officially awesome for our health, right? Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s