Apa Itu Kuliah

Sedikit Gambaran #ApaItuKuliah

  1. Banyak banget yang nanya apa bedanya kuliah sama sekolah.#ApaItuKuliah
  2. Kalo sekolah enak dek, pelajarannya ditentuin sama kurikulum yang seragam, kita tinggal ngikutin aja. #ApaItuKuliah
  3. Pasti mikirnya ‘enak kayaknya kuliah, ngga perlu belajar yang ngga nyambung sama minat kita, pelajarannya satu tema doang’ #ApaItuKuliah
  4. Justru kadang gue pengen ngambil mata kuliah yang ngga ada hubungannya sama jurusan. buat refreshing gitu #ApaItuKuliah
  5. Untuk bbrrp fakultas/jurusan ada yang namanya pre-requisite#ApaItuKuliah
  6. Pre-Requisite itu mata kuliah yang harus diambil dan LULUS sebagai syarat untuk mengambil mata kuliah lainnya #ApaItuKuliah
  7. Meskipun ada sih beberapa fakultas/jurusan yang nerapin sistem paket, atau blok. ada kurikulum seragamnya. #ApaItuKuliah
  8. Tetep kalo kuliah itu harus mandiri beneran. jangan harap disuapin info terus2an. yang masih manja, ayo berubah :) #ApaItuKuliah
  9. Waktu sekolah mungkin antara guru mata pelajaran satu dan guru mata pelajaran lainnya, ada semacam ‘pengertian’ gitulah #ApaituKuliah
  10. Kalo kuliah, dosen x ngasih tugas buat minggu depan. dosen y ngasih tugas buat minggu depan juga. #ApaItuKuliah
  11. Agak susah kalo mau ngomong, ‘tapi bu„ dosen y juga ngasih tugas buat minggu depan„ undur dong’ #ooTidaBisyaa #ApaItuKuliah
  12. Terus mungkin yang baru jadi mahasiswa dan masih sekolah minded agak bingung, kok bisa masuknya bareng2, tapi lulusnya beda2#ApaItuKuliah
  13. Atau ada yang mikir juga, ‘emang ngga malu sekelas sama adek kelas?’ dan lain-lain #ApaItuKuliah
  14. Pertama, target orang kuliah itu beda2. emang sih lebih cepat lulus lebih baik. #ApaItuKuliah
  15. Tapi perlu diinget, urusan mhs itu bukan cuma kuliah. tapi juga pengabdian masyarakat, & segudang kegiatan non-kampus lainnya.#ApaItuKuliah
  16. Capek? engga juga. iya sih lumayan. tapi dibawa asik aja.#ApaItuKuliah
  17. Lulus lama, tapi udah punya usaha kecil2an sendiri? kenapa engga? #ApaItuKuliah
  18. Buat adek2 yg baru mau kuliah, kalo kuliahnya cuma belajar minded, kurang oke. cari pengalaman, ambil kesempatan sebanyak2nya.#ApaItuKuliah
  19. Kedua, kemampuan orang juga beda2. Bisa ngukur kelebihan sama kelemahan diri kamu itu bagus banget. #ApaItuKuliah
  20. Sekarang soal dosen #ApaItuKuliah
  21. Mirip sih sama guru, berdiri di depan, ngejelasin, ngasih nilai#ApaItuKuliah
  22. Bedanya, guru itu diharuskan mendidik. selain men-deliver materi tentunya. #ApaItuKuliah
  23. Oleh karena itu guru itu sebisa mungkin memiliki karakter yang bisa dijadikan panutan para murid. #ApaItuKuliah
  24. Sedangkan dosen, memposisikan mahasiswa sebagai seseorang yang butuh ilmu. #ApaItuKuliah
  25. Dosen menganggap mahasiswa (harusnya) sudah mulai bisa dewasa #ApaItuKuliah
  26. Maka dari itu dosen tidak mesti punya karakter panutan. mungkin kadang menyebalkan #ApaItuKuliah
  27. Adapun dosen yang punya karakter panutan dan juga mendidik itu cuma nilai tambah aja. #ApaItuKuliah
  28. Intinya, KENALI KARAKTER DOSEN. penting banget ini#ApaItuKuliah
  29. Tapi jangan berlebihan juga mendekati dosen seperti penjilat. sewajarnya aja. pokoknya nanti kerasa sendiri deh #ApaItuKuliah
  30. Sama juga kayak ngenalin karakter temen. ambil yang baik2nya dari temen. jangan ikutin yang jelek2nya. #ApaItuKuliah
  31. Ada juga yang nanya nih, kuliah itu harus nyatet ngga sih? kalo terlambat diapain? #hemmeh #ApaItuKuliah
  32. Mau nyatet, mau engga. itu terserah lo. kuliah itu hak. tanggung jawab ada sepenuhnya di diri lo. #ApaItuKuliah
  33. Kalo telat diapain? balik lagi ke karakter dosen. pokoknya selama lo ikut kelas dosen x, aturan ada di tangan dosen x #Apaitukuliah
  34. Biasanya sih, awal pertemuan, tiap dosen suka bikin semacam agreement sama mahasiswa soal punishment atau reward di kelasnya.#Apaitukuliah
  35. Tapi ada juga yang langsung bikin set rules yang kudu wajib ditaatin dengan punishment yang nyeremin. ketawa aja deh #ApaItuKuliah
  36. Prinsip kuliahan nih ya, go with the flow, tapi jangan sampe hanyut. #ApaItuKuliah
  37. Ikutin aja apa yang ada di dunia perkuliahan, tapi tetep harus pintar-pintar :) #ApaItuKuliah
  38. ada yang nanya juga nih, ikut organisasi di perkuliahan itu harus ngga? #ApaituKuliah
  39. Ikut organisasi itu pilihan, dan setiap pilihan itu ada konsekuensinya #ApaItuKuliah
  40. Positifnya mungkin banyak pengalaman, kenal banyak orang. Negatifnya agak berat ngebagi waktu. #ApaItuKuliah
  41. Balik lagi, ukur limit diri lo. Jangan memaksakan diri, tapi jangan berhenti sebelum nyoba. #ApaituKuliah
  42. Undercover nih ya, di kehidupan nyata itu sorry to say, ngga semuanya bersih. pasti ada intrik :) #ApaItuKuliah
  43. Begitu juga di dunia kuliah, lo diintipin sebagian dari kehidupan nyata, yang penuh intrik tadi ;) #ApaItuKuliah #SelamatDatang
  44. Kalo belum apa-apa udah takut kuliah gara2 gue jabarin disini, hmm.. lo terlalu cinta sama comfort zone lo. dicoba aja belum. #ApaItuKuliah
  45. Klo lo baca tumblr #FYM & kuliah terkesan miris, susah, capek. buktiin dong kalo gue ga (sepenuhnya) bener. That’s the spirit #ApaituKuliah
  46. Selalu ada yang pertama buat semua hal. Dan perubahan itu memang kadang menakutkan. #ApaItuKuliah
  47. Batasin ekspektasi lo. hidup ngga seneng terus kan? ada masa down nya. #ApaItuKuliah
  48. Kalo mau seru dan fun terus, yang harusnya menjadikan seneng itu bukan situasinya, tapi diri lo sendiri #ApaItuKuliah
  49. Cara lo bersikap terhadap semua event selama kuliah entar, bakal sangat menentukan kedepannya. #ApaItuKuliah
  50. Misalnya, ada nih yang waktu sekolahnya juara kelas melulu. waktu kuliah nilai2nya kurang bagus. #ApaituKuliah
  51. Ya terimalah, sadarin kalo emang di atas langit masih ada langit. jadiin motivasi #ApaItuKuliah
  52. Target harus tinggi, ekspektasi harus minimal, usaha harus mantep, doa harus kenceng, hati harus lapang. #ApaItuKuliah
  53. Hal aneh yang mungkin dirasain, ‘ih kok temennya pada gini ya, terkesan egois walau friendly’ #ApaItuKuliah
  54. Inget, semua mahasiswa juga punya tujuan masing2.#ApaituKuliah
  55. Bahu-membahu untuk mencapai tujuan masing-masing. jangan sikut menyikut demi tercapai tujuan sendiri #ApaituKuliah
  56. Sejak awal, niatnya jangan MENCARI ‘teman yang bisa diandalkan’ karena nantinya lo pasti bakal kecewa. #ApaItuKuliah
  57. Tapi JADILAH teman yang bisa diandalkan. #ApaituKuliah
  58. #ApaItuKuliah ngga usah ribet, ngga usah menderita, biasa aja. ikutin aja. nanti ngerti sendiri.
  59. Ospek mah ngga usah takut. ngga ikut juga ngga papa, tapi rugi sih, nanti jadi orang yang cengo sendirian. #ApaItuKuliah
  60. Ospek itu salah satu jalan mengeruk ‘informasi’ :) #ApaItuKuliah
  61. Emang kadang2 malesin sih yaa, tapi ikutin aja alurnya. ngga akan kenapa-kenapa #ApaItuKuliah
  62. Ngomong2 udah pada nemu passion nya belum? #ApaItuKuliah
  63. Awal-awal kuliah yang lebih sering lagi terjadi adalah ngerasa salah jurusan #ApaItuKuliah
  64. Emang lo tau takdir ke depannya bakal kayak gimana? Merasa salah jurusan itu kasarnya seperti (maaf) menyegerakan takdir. #ApaItuKuliah
  65. Manusiawi sih, tapi kalo udah berusaha maksimal, apa lagi yang bisa lo harepin ‘lebih’? #ApaItuKuliah
  66. Kalaupun menyesal karena belum berusaha maksimal, itu semua udah lewat. #ApaItuKuliah
  67. Maaf kalo agak kasar. tapi apa yang lo lakuin sekarang ini adalah untuk masa depan lo sendiri #tampar #ApaItuKuliah
  68. Maksud tweet gue barusan itu arahnya kesinihttp://youtu.be/pzOz40hwojw :) #ApaItuKuliah
  69. “One way to learn to love is to act as if you already do, fake it till you make it” -
  70. “Learn to love it, love it, do it with love” -
  71. Semoga twit2 gue yang lumayan banyak diatas ngga cuma jadi sampah di timeline kalian, ambil yang bermanfaatnya aja :) #ApaItuKuliah

diambil dari twitter @yeahmahasiswa

5 Komentar (+add yours?)

  1. usobb
    Jul 20, 2012 @ 11:25:49

    Wow min! Keren gini, jadi kebuka pikiran gw ttg kuliah! Thanks infonya min!

    Balas

    • neezzy
      Agu 09, 2012 @ 12:34:52

      sama2 ya… pantengin aj TLnya yeahmahasiswa, biar makin ngerti tentang khidupan mahasiswa.. semangat!

      Balas

  2. wondy haryadi
    Apr 29, 2013 @ 12:43:01

    apa manfaat kuliah kak?

    Balas

    • neezzy
      Mei 19, 2013 @ 00:45:00

      maaf ya baru sempet bales.. :)
      manfaat yg ud ak rasain banyak bgt, yang jelas kalo dari tujuannya itu ya untuk pembekalan kerja, dengan kuliah peluang dpt kerjaan yg diinginkan jadi lebih besar.

      Balas

  3. langgeng
    Okt 01, 2013 @ 00:52:35

    kakak, kemarin saya dengar dari saudara yang kuliah, katanya ngga harus masuk tiap hari, betul tidak itu?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: